Apa itu SEO? Pengertian SEO dan Cara meningkatkan peringkat Google

Apa itu SEO? Sebelum mengetahui lebih lanjut sering kali yang saya lihat, banyak orang MENYERAH dalam membangun sebuah PRODUCT ke Era digital di zaman sekarang ini. Banyak orang mengeluh atas usahanya yang telah mereka bangun, tetapi kata mereka ”Kok sepi banget ya website saya?“ , Kemungkinan kebanyakan orang sama persis seperti yang dikatakan.

Oke kali ini saya akan berbagi pengalaman, untuk kalian dalam dunia pemasaran online dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.

Anda pernah mendengar kata SEO? ( Search Engine Optimization) yap pasti kalian ada yang sudah tau dan juga tidak, bukan?, Oke sekarang kita bahas .

 

Pengertian SEO

SEO Merupakan singkatan dari “Search Engine Optimization” (Pengoptimalan mesin telusur) atau “ search engine optimizer “. SEO – Proses untuk menjadikan kualitas blog atau website menjadi lebih baik, SEO bagi website sangatlah penting dalam strategi pemasaran online untuk mendapatkan peringkat website di mesin telusur seperti, Google, Yahoo, Bing dan mesin telusur lainnya.

Setelah meningkatnya peringkat tinggi di mesin pencari, trafic organik pun akan meningkat, mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk menentukan konten mana yang lebih layak diperingkat atas di hasil pencarian baik Google dan mesin telusur lainnya, kalian harus menuruti sesuai dengan aturan-aturan algoritma yang telah diluncurkan oleh mesin pencari.

 

Kenapa SEO sangatlah penting bagi website kalian?

Kenapa SEO penting dalam sebuah website?, kalian punya website mungkin meskipun tampilan bagus menurut kalian sendiri tapi mesin telusur tidak menampilkan website kalian kenapa?, Konsep dasar SEO Inilah yang disukai oleh google :

  1. Konten yang relevan.
  2. Struktur dan navigasi beraturan.
  3. Popularitas.
  4. Kepuasan pengguna.

Sejak adanya mesin pencari, hampir semua orang mencari informasi secara online. Dengan menerapkan optimasi SEO, kalian akan mudah ditemukan dalam berbagai kata kunci yang anda masukan yang berhubungan sesuai topik utama kalian.

 

Bagaimana cara meningkatkan peringkat google atau  mesin pencari?

Ingatlah,  kita hanya perlu waktu untuk melihat hasil dalam meningkatkan peringkat di mesin pencari, biasanya antara empat bulan hingga satu tahun bahkan lebih. Itu juga tergantung kerja keras pemikiran kita tentang optimasi yang benar dan sesuai aturan algoritma. Mesin pencari seperti Google telah mengatakan bahwa :

Tidak ada yang dapat menjamin peringkat #1 di Google.

Hati-hati terhadap SEO yang mengklaim dapat menjamin peringkat, menyatakan memiliki “hubungan khusus” dengan Google, atau mengiklankan “pengiriman prioritas” ke Google. Tidak ada pengiriman prioritas untuk Google. Kenyataannya, satu-satunya cara untuk mengirimkan situs ke Google secara langsung adalah melalui halaman Tambah URL kami atau dengan mengirimkan Peta Situs dan Anda dapat melakukannya tanpa biaya sedikit pun.

Sumber

 

Hal yang harus diperhatikan dalam SEO :

  1. Strategi SEO

Perlu kalian ketahui, banyak orang menggunakan cara ilegal yang disebut ( BLACK HAT SEO ) untuk membuat websitenya mendapat peringkat. Tetapi cara ini bukan terbaik dalam SEO, mereka bisanya menggunakan robot yang dibangun depelover lain atau melalui cara-cara yang tidak wajar seperti spamming, cloacking, fake content dan semacam AGC lainnya untuk menaikan websitenya. Praktik ini yang melanggar mesin pencari sehingga dapat mengakibatkan penyesuaian negatif atas kehadiran situs kalian dimesin pecari seperti Google, atau bahkan akan penghapusan situs kalian dari indeks mesin pencari.

Yang saya tanyakan apa kalian ingin menjadi BLACK HAT SEO atau WHITE HAT SEO ?

  1. Analytic Kompetitor

Pertama kita harus menyelidiki keyword terlebih dahulu, untuk melihat berapa banyak orang dari keyword itu yang melakukan pencarian dan melihat berapa pesaing yang menggunakan keyword tersebut, keyword yang dipakai saingannya berat maka semakin banyak website lain yang ingin berada peringkat pertama, maka kompetisi akan semakin tinggi.

Saat kompetisi di nilai tinggi, maka strategi SEO kita harus benar-benar dengan keahlian terbaik dan biaya akan semakin tinggi.

  1. Website

Kenapa website harus diperhatikan dalam SEO?, ya namanya juga sumber pemasaran kita didunia online kan?. PESON akan mendapatkan lebih baik dari pada menjual ditempat kalian sendiri, sebagai contoh seperti kalian menjual product disebuah tempat kalian itu sendiri, yang beli pasti kan cuman mencangkup wilayah itu. Berbeda dengan online hampir seluruh dunia mencari informasi seperti product, viral, berita terbaru dan lainnya.

Maka dari itu perlu lah kita memperhatikan website kita supaya product yang dijual menjadi terkenal seperti itulah pada dasarnya, Tentunya website memiliki peran paling penting dalam SEO.

 

Konsep penentu SEO

Ada 2 faktor penentu SEO yang penting dalam kategori ini untuk menentukan ranking dalam sebuah website. Konsep ini harus kalian lakukan dari keduanya supaya pengunjung semakin banyak, yang paling sulit ketika pengunjung sudah banyak apa bisa pengunjung balik lagi dan balik lagi ke website kita 😀

On page SEO

Apa itu on page seo? On page seo adalah praktik kita mengoptimalkan halaman setiap web, untuk mendapatkan peringkat dan juga mendapatkan banyak pengunjung di mesin pencari. On page SEO ini berkaitan dengan konten dan sumber kode html yang dioptimalkan seperti:

  • Judul
  • Permalink
  • Meta deskripsi
  • Tag judul
  • Struktur konten
  • Outbond link
  • Tautan internal
  • Desain responsif
  • Kecepatan website

SEO pada halaman ini berkaitan dengan semua aspek halaman web kami untuk menentukan apakah konten kami relevan dengan mesin pencari. Tentang SEO kita harus bersabar, karena sesudah mengoptimalkan halaman website juga kalian tidak akan berujung top page 1 dimesin pencari. Perlu proses agar website kita di top page 1.

Baca juga : Cara optimasi on page seo

Off page SEO

Apa itu off page seo? off page seo berbeda dengan on page seo, off page seo lebih cenderung dengan link yang diberi dari website orang lain yang mengarah ke website kita atau yang disebut ( backlink ).

Memang agak sulit mendapatkan backlink secara percuma dari website lain,  kebanyakan jika kita meminta backlink dari website lain dengan percuma tanpa mengeluarkan budget sedikitpun pasti agak malu kan?

Terkecuali kalian berkordinasi dengan pemilik website dan kalian perlihatkan konten atau product mana yang ingin diberi backlink. Pastikan kalian jika ingin membangun backlink pilihlah dari website yang memang bernilai tinggi diperingkat mesin pencari dan juga domain score yang tinggi. Minimal domain score 30+ atau lebih jika kalian ingin membangun sebuah backlink. Karena akan menambah kualitas website kalian dan juga akan dipercaya bahwa website kalian memiliki konten atau product yang relevan.

 

Kesimpulan 

Ingatlah, SEO memang sangatlah penting bagi website dan tentunya yang harus kalian ketahui “ SEO bukanlah hal yang sederhana tentang riset kata kunci, membuat konten, membangun backlink dan lainnya. Tetapi SEO harus dilakukan secara berkelanjutan dan tidak bisa berhenti disatu waktu ” By : SEOSATU.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *